Updated: PLN Suplai 210 GWh Energi Hijau per Tahun untuk H&M Group

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN menegaskan komitmennya dalam mendukung energi hijau dengan memasok 210 Gigawatt hour (GWh) energi bersih per tahun kepada H&M Group, salah satu perusahaan fashion global terkemuka. Kerjasama ini diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman Green Energy As Services (GEAS) Dedicated Source pada Rabu, 19 Juni 2024, yang melibatkan beberapa pejabat tinggi dari PLN dan H&M.

Dalam upacara penandatanganan yang berlangsung di Bandung, Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Enterprise PLN, Nayusrizal menandatangani perjanjian bersama Jessica Wilhelmsson, Regional Country Manager of China and South East Asia H&M. Kesepakatan ini disaksikan oleh General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat, Susiana Mutia.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti, menekankan bahwa layanan GEAS Dedicated Source merupakan inovasi PLN untuk memberikan pasokan listrik hijau yang bersumber dari pembangkit energi terbarukan (EBT) kepada sektor industri. “H&M Group telah menjadi pelanggan setia kami yang selalu mendukung praktik berkelanjutan dan penggunaan listrik ramah lingkungan. Melalui layanan ini, kami menawarkan Renewable Energy Certificate (REC) yang diakui secara internasional,” ungkap Edi dalam pernyataan resminya pada Minggu, 23 Juni 2024.

Kerja sama ini, menurut Edi, mencerminkan visi bersama antara PLN dan H&M untuk masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. “Kami akan terus mengeksplorasi pendekatan inovatif guna mempercepat penggunaan energi hijau di Indonesia. Ini tidak hanya bermanfaat bagi kedua belah pihak, tetapi juga bagi masyarakat dan lingkungan secara keseluruhan,” tambahnya.

Jessica Wilhelmsson menambahkan bahwa H&M Group berkomitmen kuat untuk transformasi menuju bisnis yang lebih sirkular dan mendukung penuh penggunaan energi bersih. “Lebih dari 30 pemasok kami telah menerapkan REC dalam kerja sama sebelumnya dengan PLN. Ini adalah pencapaian besar yang hanya dapat dicapai melalui kolaborasi erat,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh World Resources Institute Indonesia (WRI Indonesia), lembaga riset yang berfokus pada pembangunan berkelanjutan dan inklusif. Clorinda Wibowo, Manajer Senior untuk Energi dan Bisnis Berkelanjutan WRI Indonesia, menyatakan bahwa transisi energi di sektor industri adalah kunci untuk mengurangi emisi secara nasional.

“Layanan GEAS Dedicated Source memberikan kepastian dalam pembelian energi hijau oleh sektor industri dan juga mendorong pembangunan pembangkit EBT di Indonesia,” kata Clorinda.

Melalui langkah ini, PLN dan H&M tidak hanya memperkokoh komitmen mereka terhadap energi hijau, tetapi juga menunjukkan jalan bagi perusahaan lain dalam mewujudkan masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Demikian informasi seputar dukungan sektor energi hijau oleh PLN kepada H&M Group. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Pendirianperusahaan.Com.