Kerja Sama Pengembangan Energi Nuklir: Indonesia Gandeng Rusia

Indonesia terus memperluas jaringan kerja sama internasional dalam pengembangan energi nuklir dengan mengundang Rusia untuk bergabung dalam proyek strategis ini. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam kunjungannya ke Moskow, mengungkapkan bahwa negosiasi langsung sedang berlangsung dengan perusahaan negara Rusia yang terkemuka dalam bidang nuklir, JSC Rosatom.

Potensi kerja sama ini menjanjikan pemanfaatan energi nuklir untuk sektor ketenagalistrikan serta aplikasi non-energi seperti dalam bidang kesehatan dan pertanian. Airlangga Hartarto menegaskan bahwa penggunaan energi nuklir dapat menjadi solusi penting bagi Indonesia dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat tanpa meningkatkan tingkat pencemaran lingkungan.

“Rusia diundang untuk bekerja sama dalam pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia,” kata Airlangga Hartarto dalam pernyataan resmi yang diterbitkan oleh Kementerian Bidang Perekonomian pada hari Selasa (12/6).

Indonesia, dengan sumber daya alam yang melimpah, termasuk dalam hal uranium yang diperlukan untuk reaktor nuklir, memiliki potensi besar untuk mengembangkan sektor energi nuklir secara berkelanjutan. Kerja sama dengan Rusia diharapkan tidak hanya memperluas akses terhadap teknologi mutakhir dalam bidang ini, tetapi juga membuka peluang investasi yang signifikan bagi kedua negara.

Dalam konteks global, pengembangan energi nuklir telah terbukti memberikan kontribusi positif dalam memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat sambil meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Dengan demikian, langkah Indonesia untuk menjajaki kerja sama dengan Rusia dalam pengembangan energi nuklir merupakan langkah strategis yang dapat mendukung pembangunan berkelanjutan di masa depan.

Melalui upaya ini, diharapkan Indonesia dapat mengintegrasikan sumber energi nuklir dengan infrastruktur energi lainnya untuk mencapai ketahanan energi yang lebih baik serta memenuhi standar keselamatan dan keamanan yang ketat dalam penggunaan teknologi nuklir.

Pertemuan antara Indonesia dan Rusia ini menandai langkah awal dalam perjalanan panjang menuju diversifikasi sumber energi yang lebih luas dan berkelanjutan bagi Indonesia, sambil tetap memprioritaskan keberlanjutan lingkungan dalam setiap inisiatif pembangunan infrastruktur energi baru.

Demikian informasi seputar kerja sama Indonesia dan Rusia untuk pengembangan energi nuklir. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Pendirianperusahaan.Com.