Pertamina Foundation dan PNC Hadirkan Energi Bersih melalui Program DEB SoBI di Cilacap

Melalui Pertamina Foundation, PT Pertamina (Persero) berkolaborasi dengan Politeknik Negeri Cilacap (PNC) dalam mengimplementasikan energi bersih di Desa Welahan Wetan, Adipala, Cilacap melalui program DEB SoBI (Desa Energi Berdikari Sobat Bumi).

Program ini diresmikan oleh Direktur PNC, Camat Adipala dan Project Head Pertamina Foundation serta Officer Communications & Relations PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap. Fokus utama program ini adalah memanfaatkan inovasi berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pengairan sawah dan komposter pupuk bagi kelompok ternak Dadi Mulya.

Direktur PNC, Riyadi Purwanto menyatakan bahwa DEB SoBI tidak hanya mendorong inovasi mahasiswa, tetapi juga memberikan solusi konkret bagi masyarakat desa. “Dengan PLTS dan komposter, kami harap dapat mengurangi biaya operasional petani sambil memperkenalkan konsep energi bersih,” ujarnya.

PLTS yang diimplementasikan memiliki kapasitas 2800 WP, mampu mengoperasikan pompa air dan komposter dengan efisiensi tinggi. Debit air mencapai 300 liter per menit dengan kapasitas tandon 3000 liter, sementara komposter dapat mengolah kotoran sapi dan sekam padi hingga 100 kilogram.

Riyadi juga menekankan komitmennya untuk mendukung program ini secara berkelanjutan dan mengharapkan dapat diperluas ke desa-desa lain di Indonesia. Sementara itu, Ermawan Fitra dari Pertamina Foundation mengapresiasi PNC atas implementasi DEB SoBI di Welahan Wetan.

“DEB SoBI adalah bagian dari program Beasiswa Sobat Bumi yang bertujuan membangun kapasitas dan mendukung pemberdayaan masyarakat melalui energi baru dan terbarukan,” jelas Ermawan.

PNC menjadi salah satu dari 24 DEB SoBI yang sukses diimplementasikan, menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan kesejahteraan dan keberlanjutan di masyarakat setempat. Program ini diharapkan menjadi contoh bagi desa-desa lain, khususnya di Kabupaten Cilacap, dalam memanfaatkan energi bersih untuk pembangunan yang berkelanjutan.

Demikian informasi seputar kolaborasi pengembangan energi bersih oleh PT Pertamina dan Politeknik Negeri Cilacap. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Pendirianperusahaan.Com.