PLTA Kayan Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Edukasi

PLTA Kayan tidak hanya memasok kebutuhan listrik di Kalimantan, tetapi juga mampu memberi edukasi bagi masyarakat. Ada beragam cara memberikan edukasi bagi masyarakat dengan memanfaatkan PLTA Kayan.

Saat ini, Indonesia tengah memiliki megaproyek sebagai penunjang kemajuan. Salah satu megaproyek tersebut adalah pembangunan PLTA Kayan. PLTA ini dibangun di Bulungan, Kalimantan Utara. Dengan memanfaatkan aliran Sungai Kayan, PLTA ini mampu memasok listrik sebesar 9.000 MW.

PLTA Kayan tak sekadar memasok energi, namun berpotensi mentransfer pengetahuan

Kapasitas listrik yang mampu dihasilkan PLTA Kayan tergolong besar. Hal tersebut menjadikan PLTA Kayan sebagai PLTA terbesar di Indonesia, bahkan Asia. Dibangun di atas lahan seluar 12.000 hektar, PLTA Kayan berpotensi jadi pusat wisata edukasi di Kalimantan Utara. Ada banyak jenis wisata edukasi yang bisa dibangun di sekitar PLTA, yaitu sebagai berikut.

  1. Tour PLTA

Menjadi PLTA terbesar di Asia tentu jadi kebanggaan tersendiri. Kebanggaan ini harus dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Salah satu cara menumbuhkan kebanggaan tersebut adalah dengan memperkenalkan PLTA Kayan kepada masyarakat.

Pengelola PLTA Kayan berpeluang mengadakan tour PLTA. Jenis tour sendiri dapat disesuaikan oleh pengelola. Misal, pengelola membuat tour yang akan memperkenalkan komponen pembangun PLTA, memperkenalkan teknologinya, memperkenalkan cara kerjanya, dan masih banyak lagi.

Pengelola PLTA Kayan berpotensi membentuk wisata edukasi berupa tour PLTA (gemilangnews.com)
  1. Museum Energi Air dan Listrik

Pemanfaatan energi air telah dimulai sejak lama. Bahkan sebelum Indonesia merdeka, tenaga air telah dimanfaatkan oleh manusia dalam berbagai kegiatan pertanian. Mulai dari mengupas biji, hingga menumbuk biji. Teknologi tenaga air mengalami perjalanan panjang dalam pemanfaatannya. Untuk memberikan edukasi mengenai energi air, pengelola PLTA Kayan bisa membangun musem energi air dan listrik. Dengan adanya wahana ini, masyarakat diharapkan mampu mengenal sejarah teknologi energi air dan perkembangan listrik.

  1. Bengkel Teknologi PLTA

Potensi lain yang dapat dibangun oleh pengelola PLTA Kayan adalah dengan membangun bengkel teknlogi PLTA. Pengelola dapat memberi edukasi mengenai cara membuat PLTA secara sederhana. Wahana ini nampaknya masih sangat terbatas di Indonesia. Padahal pengenalan teknologi PLTA sangat penting. PLTA jadi sumber energi yang ramah lingkungan. Jika masyarakat mampu membangun PLTA secara sederhana, bukan tidak mungkin Indonesia mampu mandiri secara energi.

  1. Museum Air

Salah satu komponen penting dalam PLTA adalah air. Air tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan biologis, namun juga memenuhi kebutuhan energi. Pentingnya air harus diketahui oleh masyarakat. Dari sini potensi museum air dapat tercipta.

Pengelola PLTA Kayan dapat membangun museum air yang di dalamnya membahas serba-serbi air. Misalnya, menjelaskan bagaimana proses terjadinya hujan, menjelaskan pentingnya air bagi kehidupan manusia, dan lain sebagainya. Pengelola PLTA bisa membangun museum air dengan teknologi maupun dengan berbagai mesin sederhana. Tergantung konsep yang ingin ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *