Perusahaan Digital Paling Berpengaruh di Dunia

Perkembangan teknologi digital membuat kehidupan manusia bergantung dengan sistem daring yang berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat terlihat dari kebiasaan kita yang menggunakan ponsel pintar dalam kebutuhan sehari-hari.

Sebagai contoh saat ini banyak orang yang lebih memilih memesan makanan melalui ponsel pintar dibandingkan harus keluar rumah menuju ke rumah makan yang kita inginkan.

Beberapa waktu lalu, Forbes mengeluarkan data mengenai daftar perusahaan digital yang berbasis IT, media, ritel, hardware, serta telekomunikasi yang paling berpengaruh di dunia. Perusahaan tersebut tersebar di berbagai negara dunia.

Dalam daftar tersebut, Amazon berada di posisi teratas. Amazon merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan elektronik multinasional. Perusahaan ini berkantor pusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Amazon memperoduksi barang elektronik konsumen dan saat ini beberapa situs web ritel sudah tersebar hingga ke Kanada, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, Britania Raya, Cina, dan Jepang.

Kapitalisasi pasar perusahaan Jeff Bezos ini mencapai 1 triliun dollar AS di tahun 2018. Dengan kapitalisasi tersebut perusahaan ini menjadi perusahaan kedua setelah Apple di bulan Agustus lalu.

Setelah Amazon, diposisi kedua adalah perusahaan streaming digital Netflix. Ini perusahaan yang berusat di Los Gatos, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini bergerak dalam bidang penyewaan DVD daring terbesar dan pertama di dunia. Netflix menawarkan penyewaan DVD lewat surat secara flat rate kepada para pelanggannya di Amerika Serikat dan negara-negara di dunia.

Koleksi video dari Netflix sangat popler di kalangan remaja. Bahkan penghasilan yang di dapat mencapai 11,7 miliar dollar AS di tahun 2017. Sementara dai pasar internasional, Netflix mendapatkan kontribusi hingga 43,5 persen.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 10 besar perusahaan berbasis digital yang berpengaruh di dunia.

  1. Amazon.com
  2. Netflix
  3. NVIDIA
  4. Salesforce.com
  5. Servicenow
  6. Square
  7. Analog Devices
  8. Palo Alto Networks
  9. Splunk
  10. Adobe System

 Dari 100 perusahaan digital paling berpengaruh di dunia, perusahaan dari Amerika Serikat hampir setengahnya masuk dalam 100 daftar tersebut dengan jumlah 49 perusahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *