Pertumbumbuhan Industri 2018 Meningkat, Ini Penyebabnya

Kementerian Perindustrian memiliki target untuk pertumbuhan industri tahun 2018 ini adalah 5,67 persen. Beberapa industri unggulan akan menjadi penyumpang pertumbuhan industri pada tahun 2018.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto mengungkapkan bahwa terdapat industri yang cukup menjanjikan untuk mendorong pertumbuhan industri 2018 diantaranya adalah makanan, minuman, logam, dan elektronik. Pada akhir tahun kemarin, pertumbuhan industri di bidang tersebut menunjukkan tren yang positif.

Menurut Airlangga industri seperti permesinan, makanan minuman, farmasi memiliki pertumbuhan yang cukup tinggi sehingga perlu didorong untuk dapat berkembang menjadi penggerak pertumbuhan industri.

Selain itu, Airlangga juga mengungkapka bahwa Kementerian Perindustrian harus terus mendorong industri yang memiliki daya saing di pasar global, antara lain industri otomatif. Dalam hal tersebut Indonesia bekerja sama dengan industri di Jepang dan Korea Selatan.

Menurut data dari Kementerian Perindustrian, penyerapan tenaga kerja di sektor industri mampu menyerap 1,5 juta orang pada 2017. Diharapkan, pada tahun 2018 ini sektor industri mampu menyerap lebih dari tenaga kerja.

Sektor industri menyumbang 20 persen dalam Product Domestic Bruto (PDB). Apabila industri turunan dikembangkan maka sumbangan terhadap PDB dapat mencapai 30 persen.

Pertumbuhan tertinggi di sekor industri berada pada industri logam dasar yang mencapai 10,6 persen, makanan minuman 9,94 persen, kimia farmasi sekitar 8 persen, mesin dan perlengkapan 6,35 persen, dan alat angkut mencapai 5,63 persen.

Industri merupakan salah sektor yang strategis dan memiliki peran penting dalam pembangunan nasional. Industri juga dapat memicu pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut data dari Direktoral Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, realisasi dari penerimaan pajak di sektor industri mencapai Rp 224,95 triliun atau tumbuh 16,63 persen pada tahun 2017. Pertumbuhan tersebut lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun 2018 pertumbuhan di sektor industri diharapkan akan meningkat.

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuahan ekonomi adalah dengan membuat kebijakan ekonomi. Kebijakan tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk memudahkan mereka dalam menjalankan bisnis di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *