Pencemaran Lingkungan Di Bali

Pencemaran lingkungan di Bali merupakan sebuah masalah yang sangat kritis. Bagaimana tidak, ada banyak manusia disana dengan berbagai macam kesadaran yang berbeda-beda. Ini menjadi kejadian yang sangat wajar. Dengan jutaan kebiasaan berbeda asal usul berbeda pula pola piker mereka.

Pencemaran lingkungan bisa berawal dari apapun. Seperti pencemaran yang diakibatkan oleh samp,ah hasil bungkus makanan saja. Bungkus makanan tersebut jika tidak dilakukan pengolahan maka hasilnya akan menjadi sesuatu yang sangat merepotkan. Hasil daripada sampah makanan tersebut ada yang susah diurai. Semisalnya plastik yang dapat memakan waktu ribuan tahun untuk diurai.

Berbeda lagi dengan sampah limbah hasil industry, ini akan dicoba diolah kembali untuk industry lainya. Jika tidak bisa untuk diolah lagi maka ini akan  dibuang ke tempat pengolahan limbah yang telah disediakan baik dari pemerintah maupun pihak swasta.

Baru-baru ini mendengar bahwa di Bali ada kebocoran pipa limbah di Nusa Dua. Ini merupakan salah  satu kejaidan yang fatal. Pasalnya belum ditemukan siapa pemilik daripada industry tersebut. Dengan adanya limbah yang berasal dari kebocoran  pipa maka ini menjadi sebuah halyang pertlu untuk dipertanggungjawabkan. Kedepanya ini menjadi sebuah masalah yang besar. Menginginkan kenaikan ekonomi tanpa memperhatikan lingkungan. Menjadi sebuah tempat pembuangan sungai yang ada di bali akan terasa tidak jernih.

Akibat yang ditimbulkan dari limbah yang bocor tersebut adalah kotornya sungai. Ini akan ditelusuri oleh keamanan setemlpat. Polisi juga akan mengadakan penyelidikan. Sanksi dari polisi sudah jelas, tuntutan 5 tahun penjara untuk yang membuat pencemaran. Namun sebelum itu, ada sanksi dari desa adat. Desa adat akan memberikan sanksi tegas untuk siapa saja.

Tidak pandang bulu itulah sanksi ayng diberikan oleh desa adat. Ada banyak desa adat di Bali dan sanksinya bervariasi. Jika saja pencemaran ini terus berlanjut maka siapa yang akan berkunjung lagi kesini? Keindahan daripada tempat ini terenggut untuk kebutuhan ekonomi.

Pencemaran limbah menjadi satu hal yang wajib untuk diperhatikan bagi pemerintah yang harus selesai. Ini ssangat butuh perhatian. Unutk Bali yang bersih yang menjadi daya tarik untuk wisatawan mancanegara ini sangat perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *