Pasar Seni Sukawati Wisata Belanja Otentik Khas Bali

Pasar Seni Sukawati adalah tempat yang terkenal dan merupakan pasar favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Sukawati Bali terletak di Gianyar, Pasar di Bali ini telah ada sejak tahun 1980-an dan beroperasi dari pukul 8 pagi sampai 6 sore. Pasar ini juga beroperasi di hari Minggu tetapi tutup pada saat hari raya Nyepi / hari raya Galungan yang merupakan hari raya besar bagi umat Hindu. Ramainya pasar dengan kerumunan pengunjung di akhir pekan. Pasar seni Sukawati terkenal karena menjual barang khusus Bali dengan harga yang terjangkau. Dari patung, kerajinan, aksesoris, pakaian, makanan ringan Bali, peralatan spa, serta lukisan dapat ditemukan di sini.

Sebagai pasar Bali di daerah wisata, harga barang yang ditawarkan memang cukup tinggi. Tetapi Anda bisa menawarnya mulai dari sepertiga atau seperempat dari harga jual yang ditawarkan. Jika Anda ingin mendapatkan harga lebih murah, Anda bisa datang pagi-pagi. Pembeli pertama biasanya mendapatkan harga yang sangat murah karena para pedagang percaya pada pembeli pertama akan menentukan semua penjualan mereka di hari itu.

1.       Akrab dengan Penjual

Menjalin chemistry bukan hanya pada gebetan saja ya. Kalau kamu ingin mendapatkan harga miring dari penjual, tak ada salahnya mengakrabkan diri. Cukup dengan senyum dan mengajak bercanda mengenai hal-hal kecil, terkadang bisa menolongmu mendapatkan harga barang yang lebih murah. Intinya hanya satu, buat komunakasi senyaman mungkin.

2.       Menawar dengan penuh Perasaan

Nah, setelah keakraban terjalin tentunya kamu bisa mencoba melakukan tawar menawar dengan diselipi senyuman manis. Buat sang penjual tak merasa terugikan dengan penawaran awal yang kamu buat. Dalam tawar menawar usahakan jangan membuat penjual jengkel. Sebagai patokan tawarlah sepertiga dari harga yang diajukan oleh penjual. Satu lagi yang penting. Jangan sesekali menawar barang yang tak ingin kamu beli. Tentunya hal itu akan membuat penjual dan pembeli tak nyaman.

3.       Belanja Banyak

Semakin banyak kamu belanja ada kemungkinan mendapatkan harga yang miring. Membeli barang dengan jumlah banyak pastinya akan diberi harga yang berbeda. Nah, untuk menyisatinya belanja bersama teman-teman kalian. Kamu juga bisa menawari teman atau saudara yang ingin membeli barang yang sama denganmu. Lumayan, kan. Kamu bisa mendapatkan harga separoh dari penawaran awal.

4.       Datang Lebih Awal

Tentunya tips ini banyak diterapkan di berbagai pasar tradisional. Untuk mendapatkan harga yang miring, kamu bisa coba datang lebih awal. Bisanya para penjual yang baru buka tak akan menyia-nyiakan pelangan pertama. Sebagai patokan, pasar Sukawati buka dari pukul 08.00 hingga 15.00 WITA untuk local market. Sementar bagi kamu yang ingin berburu barang-barang seni bisa datang pada pukul 10.00 – 17.00 WITA. Selain datang lebih awal, kamu juga bisa datang pada jam-jam terakhir sebelum pasar tutup. Biasanya pada menit-menit terakhir sebelum tutup, penjual tak ingin berbelit-belit dalam tawar menawar.

5.       Survey Harga

Di pasar Seni Sukawati, Bali tak semua barang bisa ditawar dengan harga super murah. Beberapa aksesori wanita yaitu gelang biasanya dibandrol dengan harga yang tak bisa ditawar. Persentasi menawar pun berbeda-beda pada setiap barang. Biasanya dalam menawar berkisar antara 10 hingga 25 persen dari harga semula tergantung barang yang kamu beli.

Sebagai bekal dalam menawar, kamu bisa iseng-iseng melakukan survei. Survey kecil-kecilan bisa kamu lakukan sebelum datang ke pasar Sukawati. Caranya, kamu bisa berkeliling dan mengunjungi sejumlah pedangan menanyakan harga. Dari situ, kamu bisa membandingkan harga.

Semoga lima tips ini bisa menyelamtkan kantongmu dari kekempesan dan selamat berburu oleh-oleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *