Membuat Rencana Investasi

Langkah 1:

Memenuhi Prasyarat Investasi-Sebelum seseorang berpikir untuk berinvestasi, mereka harus memastikan bahwa mereka telah mencukupi kebutuhan, seperti perumahan, makanan, transportasi, pakaian, dll. Juga, harus ada jumlah tambahan uang yang dapat digunakan sebagai uang darurat, dan perlindungan terhadap berbagai risiko lainnya. Perlindungan ini bisa melalui asuransi jiwa, kesehatan, properti, dan kewajiban.

Langkah 2:

Menetapkan Tujuan Investasi-Setelah persyaratan diurus, seorang investor kemudian akan ingin menetapkan tujuan investasi mereka, yang menetapkan tujuan keuangan yang ingin mereka capai. Sasaran yang dipilih akan menentukan jenis investasi apa yang akan mereka buat. Tujuan investasi yang paling umum adalah mengumpulkan dana pensiun, meningkatkan pendapatan saat ini, menabung untuk pengeluaran besar, dan melindungi pendapatan dari pajak.

Langkah 3:

Mengadopsi Rencana Investasi-Begitu seseorang memiliki tujuan umum, mereka perlu mengadopsi rencana investasi. Ini akan termasuk menentukan tanggal target untuk mencapai tujuan dan jumlah risiko yang dapat ditoleransi.

Langkah 4:

Mengevaluasi Kendaraan Investasi – Selanjutnya adalah mengevaluasi kendaraan investasi dengan melihat potensi pengembalian dan risiko setiap kendaraan.

Langkah 5:

Memilih Investasi yang Cocok-Dengan semua informasi yang dikumpulkan sejauh ini, seseorang akan menggunakannya untuk memilih kendaraan investasi yang akan paling memuji tujuan mereka. Seseorang harus mempertimbangkan pertimbangan pengembalian yang diharapkan, risiko, dan pajak. Pemilihan yang cermat adalah penting.

Langkah 6:

Membangun Portofolio yang Beragam – Untuk mencapai tujuan investasi mereka, investor perlu mengumpulkan portofolio investasi dari investasi yang sesuai. Investor harus mendiversifikasi portofolionya dengan memasukkan sejumlah sarana investasi yang berbeda untuk memperoleh pengembalian yang lebih tinggi dan / atau terekspos dengan risiko yang lebih rendah daripada hanya membatasi diri pada satu atau dua investasi. Berinvestasi dalam reksa dana dapat membantu mencapai diversifikasi dan juga memiliki manfaat dikelola secara profesional.

Langkah 7:

Mengelola Portofolio-Setelah portofolio disusun, seorang investor harus mengukur perilaku dalam kaitannya dengan kinerja yang diharapkan, dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *