Kreatifoood Menjadi Ajang Pemasaran Para Pelaku Usaha Kuliner

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar kreatifood di Kota Palembang untuk membantu para pelaku usaha kuliner khususnya perusahaan Startup dalam memasarkan produknya. Gelaran Kreatifood tersebut dilaksanakan di Opi Mal Jakabaring Palembang.

Menurut Kepala Sub Direktorat Pasar Segmen Ritel Deputi Pemasaran Bekraf, Muhammad Jupri, Kreatifood akan diikuti FoodStartup dengan berbagai produk seperti makanan, camilan, dan minuman. Adapun beberapa FoodStartup yang akan mengikuti ajang ini adalah Tahu Jeletot, Arafatea, Aqrab Mumtaz, Arjuna 999, Happinaz, Dendeng Raden, Inttel-Intip Buntel, Disuko Food, Kopi Indonesia, Sambal baba, Ladang Lima, Oyoh Jengkol, Mones Chocolate, dan Mozasshealtylabs.

Dengean mengikuti Kreatifood, mereka dapat menwarkan produknya ke masyarakat dan mereka juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan investor. Menurut Jupri, pemasaran merupakan hal penting dalam mengembangkan suatu usaha.

Jupri menambahkan bahwa Freatifood merupakan program yang cocok untuk mendukung para FoodStartup di Indonesia agar mereka memiliki jaringan yang lebih luas dan dapat memberikan peluang mendapatkan investor.

Menurutnya, dengan adanya Kreatifood umumnya banyak investor yang ingin join atau bergabung. Pada tahun 2018, Kreatifood yang dilaksanakan di Palembang dibuat dengan suasana baru dengan tujuan untuk meningkatkan kuliner dalam mengembangkan produk serta meningkatkan peluang investasi.

Selain untuk memberikan peluang bagi para FoodStartup, Bekraf juga terus meningkatkan kapasaitas para pelaku usaha dibidang kuliner. Peningkatan kualitas tersebut dilakukan dengan memberikan pengetahuan mengenai dunia investasi, memberikan pengetahuan mengenai pemasaran ke luar negeri serta bagaimana melakuakn pengembangan kapasitas dari produk.

Pada tahun 2017 terdapat 50 FoodStartup Indonesia yang bergabung dengan Bekraf, sedangkan pada tahun 2018 naik menjadi 100 FoodStartup Indonesia. Diharapkan untuk tahun-tahun berikutnya jumlah FoodStartup Indonesia terus bertambah dan lebih baik lagi dalam melihat peluang usaha yang ada.

Perwakilan Perkumpulan FoodStartup Indonesia, Bonnie Susio mengungkapkan bahwa dengan adanya Kreatifood yang digagas oleh Bekraf dapat membantu para FoddStartup Indonesia lebih berkembang, khusunya yang berada di daerah-daerah. Hal tersebut juga dapat menjadi motiviasi bagi para generasi mudah yang ingin terjun ke dunia bisnis kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *