Inilah Produk-produk Alibaba yang Menjadikannya Raksasa di China

Alibaba tidak hanya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dengan menyediakan layanan e-commerce saja. Saat ini perusahaan raksasa asal China ini sudah banyak menggeluti bisnis di luar e-commerce.

Sejak 1999, Alibaba memang dikelan dengan bisnis e-commerce. Hampis semua jenis e-commerce sudah mereka kuasai, mulai dari business to costumer (B2C), buseness to business (B2B), hingga costumer to costumer (C2C).

Tidak hanya e-commerce saja yang dikuasi perusahaan Alibaba, saat ini mereka memiliki layanan yang ditawarkan untuk para pelanggan. Di antaranya adalah pembayaran elektroniknontunai, komputasi awan, mesin pencari internet, dan masih banyak layananan bisnis lainnya.

Namun tahukan Anda produk aau layanan apa saja yang membuat Alibaba menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia?

Perusahaan yang dipimpin oleh Jack Ma ini memiliki enap produk unggulan di bidang e-commerce. Produk unggulan tersebut antara lain alibaba.com, 1699.com, Tmall, Juhuasuan, Taobao, dan Aliexpress.

Penjelasan singat dari produk alibaba.com adalah marketplace business to business global. Sementara 1688.com merupakan marketpace business to business domestik. Kemudian Taobao dan Tmall marketpace cotumer to costumer domestik. Untuk marketplace costumer to costumer global dipegang AliExpress. Sementara produk Juhuasauan adalah marketplace daily deals domestik.

Ekosistem e-commerce didukung dengan sistem pembayaran elektronik nontunai menggunakan Lipay dan jaringan logistik melalui Cainiao. Selain itu Alibaba juga memiliki Alimama yang menyediakan platform untuk para merchant China mempromosikan dan memasarkan produknya dengan cara digital.

Bagi para pebisnis, Alibaba juga menawarkan platform komputasi awan dengan data center yang disebut dengan Alibaba Cloud. Jika di China sistem ini diseberi nama Aliyun. Alibaba Cloud terdapat di Indonesia. Produk ini juga memiliki berbagau layanan pendukung bisnis bagi penggunanya melalui, database, elastic computing, jaringan keamanan, serta middleware untuk analisis dan big data.

Sebenarnya, alibaba juga memiliki produk lainnya berbentuk aplikasi yang dapat dimanfaatkan masyarakat China seperti navigasi AutoNavi dan aplikasi peta, aplikasi browser internet UCWEB, serta aplikasi pesan instan DingTalk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *